Membersihkan Jamur Pada Tembok

Tembok yang lembab menyebabkan jamur dan merusak permukaan tembok. Untuk membersihkan jamur pada tembok yang mengakibatkan cat terkelupas dan permukaan menjadi kasar tidak bisa serta merta dengan membuang bagian yang rusak dan mengecat kembali. Kita harus tahu penyebab tembok lembab dan basah terlebih dahulu agar proses pengecatan tidak percuma. Jamur timbul karena area tembok yang basah. Selama tembok yang basah dan lembab ini tidak diatasi dengan benar, maka anda hanya akan membuang uang hanya dengan mengecatnya. Seperti artikel tentang rembesan pada dinding telah dibahas mengenai pemicu terjadinya dinding yang basah karena terjadi kebocoran dan kesalahan pada saat proses membangun. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membersihkan jamur pada tembok agar tidak muncul kembali.

Apa penyebab tembok berjamur?

bersihkan jamur pada tembok
Image by Google

Ada beberapa hal yang bisa membuat dinding rumah anda menjadi rembes dan berjamur. Yang pertama adalah akibat adanya rembesan air kamar mandi. Dinding rumah yang letaknya berdekatan dengan kamar mandi biasanya mudah sekali rembes dan berjamur. Kondisi lembab dari kamar mandi akan membuat kondisi dinding rumah juga menjadi ikut lembab sehingga jamur pun dapat dengan mudahnya bertumbuh di dinding rumah anda.

Penyebab yang kedua adalah adanya pipa yang tidak sengaja terpaku. Pipa air yang berada di dalam tembok rumah bisa saja terpaku secara tidak sengaja sehingga mengeluarkan rembesan air yang kemudian mempermudah pertumbuhan jamur di dinding rumah.

Penyebab dinding rumah berjamur yang ketiga adalah dinding berada dalam kondisi yang belum kering secara sempurna saat dilakukan pengecatan. Kondisi yang seperti ini membuat dinding rumah memiliki kandungan garam serta air yang tinggi sehingga akan bereaksi dengan bahan pengikat dalam cat tembok ketika dilakukan pengecatan.

Penyebab yang terakhir adalah adanya retak-retak rambut di dinding rumah yang memungkinkan air hujan untuk merembes masuk ke dalam dinding. Rembesan air hujan tersebut kemudian akan membuat dinding menjadi lembab sehingga jamur dapat dengan mudah bertumbuh.

Apakah jenis cat yang dipakai bisa mempengaruhi tembok yang lembab?

Merk cat tembok yang dapat menahan air agar tidak masuk sudah banyak dipasaran salah satunya adalah cat No Drop. Cat No Drop merupakan cat yang dapat digunakan untuk pelapis anti bocor pada dinding. Karena memiliki kandungan yang elastis, kedap air dan tahan pada cuaca sehingga sangat cocok jika digunakan dipermukaan tembok, asbes, seng, beton dan permukaan terakota.

Selain itu, merk cat ini dapat digunakan untuk mempercantik dan memperindah tampilan desain rumah atau tembok rumah karena produk ini mempunyai sekitar 16 pilihan warna menarik sehingga Anda bisa memilih sendiri. Produk ini sangat tahan lama dan jika menggunakan ini, maka permukaan dinding luar di rumah Anda akan tahap terhadap semua kondisi cuaca tropis.

Selain produk merek cat No Drop, Anda bisa menggunakan produk atau cat bermerek elastex waterproof yang merupakan cat pelapis untuk anti bocor pada dinding rumah Anda. Merek cat ini menggunakan bahan dasarnya yakni latex elastomerik akrilik yang baik sehingga sangat cocok untuk mencegah kebocoran pada air Anda. Cat ini dapat digunakan untuk menutup retak rambut sehingga mempunyai fungsi sebagai cat berbahan dasar yang unggul dan berkualitas. Cat ini sama bagusnya seperti cat merek No Drop dikarenakan memiliki sifat yang kedap air, tahan retak, elastis, anti jamur, dan daya rekatnya sangat kuat.

Bagaimana cara mengecat tembok yang lembab?

Kondisi dinding yang lembab akan menyebabkan cat tembok rumah tidak dapat menempel dengan bagus, biarpun itu adalah cat kamar terbaik. Selain cat rumah akan menggelembung dan mengelupas hasilnya juga akan ada bercak-bercak noda. Jadi pastikan untuk mengatasi kelembaban pada dinding dahulu, dan tunggu hinga kering. Setelah Anda yakin tembok rumah tersebut kering, dan sumber kelembaban sudah teratasi, langkah selanjutnya adalah mengamplas permukaan dinding. Setelah semua siap kini baru mempraktekan cara mengecat yang Anda kuasai. Ups.. jangan lupa lapisi terlebih dahulu permukaan tersebut dengan cat dasar yang tahan air atau bisa mengunakan waterproof.

aterproof atau cat dasar sealer untuk tembok ini bertujuan untuk mencegah air merembes pada tembok. Dengan demikian tembok akan kering sehingga cat dapat menempel dengan sempurna pada permukaan tembok. Tunggu beberapa menit hingga cat dasar kering sebelum mengaplikasikan warna cat yang Anda sukai.

Bagaimana mengecat tembok yang berjamur?

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika dinding rumah anda mulai berjamur adalah mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Dengan begitu, anda bisa mengetahui solusi seperti apa yang tepat untuk menangani masalah tersebut. Jika penyebabnya adalah karena adanya rembesan air, anda bisa menggunakan cat tahan air yang bisa mencegah air untuk merembes ke dinding.

Yang kedua, gosok dinding yang berjamur tersebut dengan amplas hingga dinding menjadi berpori supaya uap air yang ada di dalam dinding bisa keluar.

Ketiga, gosok bagian dinding rumah yang telah diamplas tadi dengan kaporit atau klorin. Jangan lupa untuk menggunakan kacamata pelindung dan sarung tangan karet saat anda harus melakukan bagian ini.

Keempat, diamkan selama semalaman agar larutan tersebut dapat meresap ke dinding. Kemudian keesokan harinya, kerok dan bersihkan dinding yang telah dilapisi oleh klorin atau kaporit tadi. Setelah anda selesai dengan proses pengerokan, lapisi dinding tersebut dengan cat berbahan dasar pelarut. Pastikan bahwa cat tersebut sudah benar-benar kering dengan sempurna, sebelum anda mulai mengecatnya lagi dengan cat tembok biasa.

Untuk hasil yang lebih baik lagi, campurkan pelapis anti bocor dengan cat tembok yang telah anda persiapkan dengan perbandingan 1:1 agar dinding rumah anda tidak berjamur dan rembes lagi di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *