Tips Investasi Properti Untuk Pemula

Memulai bisnis bisa berawal dari hobi, termasuk bidang properti. Untuk melakukan investasi properti untuk pemula bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan walau membutuhkan modal yang tidaklah sedikit. Mengapa menguntungkan?. Pasti karena nilai properti tidak pernah mengalami penurunan, tetapi malah sebaliknya. Dari waktu ke waktu nilai investasi akan semakin tinggi dan pasti memiliki keuntungan yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, bisnis ini banyak diminati terutama bagi seorang pemula dalam bisnis investasi. Apa saja tips bisnis investasi properti untuk pemula? Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan investasi?

investasi-propertiApa keuntungan investasi properti?

investasi properti
Image by Google

Tentu saja, dengan melakukan investasi properti, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus bersusah payah dan melakukan beberapa pekerjaan yang berat lainnya yang menagndung risiko besar.

Tapi walaupun begitu, bisnis properti ini tidaklah semudah seperti yang ada lihat. Hasil masksimal dari bisnis properti ini sangat tergantung kepada strategi yang Anda jalankan. Dari mulai perencanaan yang harus benar-benar matang, pemilihan lokasi dan lainnya.

Selain itu, ada beberapa strategi investasi properti yang dinilai cukup sederhana tapi berpotensi menghasilkan keuntungan yang sangat besar, yakni keberanian Anda untuk memulai bisnis properti. Selain itu, Anda juga bisa melaksanakan beberapa strategi berikut ini yang bisa Anda terapkan untuk meraih keuntungan yang berlimpah.

Apa bentuk investasi dalam bisnis properti ?

Apa sajakah jenis investasi properti yang bisa anda pilih? Untuk anda yang berencana melakukan investasi yang satu ini, maka pengetahuan mengenai jenis investasi properti berikut tentu saja akan membuat anda makin pandai dalam memilih jenis investasi mana yang terbaik. Berikut bentuk investasi properti yang dapat anda pilih :

Investasi rumah – Saat ini, kebutuhan akan hunian memang terus meningkat sehingga hasilnya ialah banyak orang mencari hunian yang mereka inginkan. Inilah hal yang harus bisa anda baca yang mana anda bisa manfaatkan hal ini agar nantinya anda bisa mendapatkan keuntungan yang akan memhuat anda tenang di masa depan. Jadi, untuk anda yang ingin dapatkan keuntungan dengan menyediakan kamar kos atau pun kontrakan, maka anda bisa mulai membangun investasi anda dengan cara membeli rumah.

Investasi tanah – Harga tanah yang makin hari makin berharga membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli tanah. Keuntungan membeli tanah ini jelas sangat banyak. Selain memiliki tanah yang bisa anda gunakan sendiri, anda juga bisa menjualnya lagi beberapa tahun ke depan sehingga anda bisa dapatkan keuntungan. Bukan hanya itu, anda pun bisa menyewakannya atau juga membangun rumah, ruko atau sejenisnya sehingga anda bisa buka usaha.

Investasi apartemen – Investasi apartemen ini bisa menjadi pilihan yang cukup banyak, apalagi untuk mereka yang lebih menyukai apartemen daripada model perumahan yang ada sekarang. Dengan memilih untuk membeli aparteman di kawasan tertentu, hal ini artinya adalah anda telah memiliki tabungam dalam bentuk properti yang bisa anda gunakan yaitu dengan menyewakan kamar dan juga menjual kamar apartemen tersebut agar anda bisa memiliki keuntungan masa depan.

Kemudian, mengenai hal lain yang bisa anda lakukan untuk lakukan jenis investasi properti ialah anda membeli ruko alias rumah toko. Dalam hal ini, anda bisa dapatkan keuntungan yang nyatanya sangat menguntungkan yang mana anda bisa miliki rumah dan juga tempat usaha. Untuk anda, bisa juga sewakan toko yang ada di bawahnya sehingga anda akan tetap dapatkan pemasukan dari investasi yang anda lakukan.

Bagaimana cara memilih lokasi investasi yang berpeluang ?

Dalam bisnis properti, lokasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus bisa diperhatikan dengan bijak. Misalnya saja, ketika Anda memilih properti hunian, sebaiknya Anda lebih memilih hunian rumah yang dihuni oleh para end user. Hal tersebut karena kebanyakan pembeli yang merupakan end user, mereka biasanya akan tinggal lama dan bahkan akan mengajak yang lainnya (teman atau keluarga) untuk sama-sama membeli rumah dilokasi yang sama.

Tentu saja ini sangat menguntungkan, karena secara tidak sengaja, si user ini telah mempromosikan lokasi bisnis properti Anda, sehingga biaya promosi akan bisa ditekan sedemikian rupa. Selain itu, tehnik promosi dari mulut ke mulut ini merupakan salah satu tehnik promosi yang paling efektif dan berpoetnsi besar mendatangkan konsumen lainnya.

Lokasi terbaik untuk membuat perumahan adalah tempat-tempat strategis yang sangat dekat dengan pusat kota, yang memiliki akses transportasi yang memadai, baik itu angkutan umum atau fasilitas jalan yang baik, dekat dengan pusat pendidikan, seperti sekolah dan lainnya, dekat dengan kantor pemerintahan, minimalnya kantor kecamatan dan usahakan harus dekat dengan pusat bisnis seperti mall dan pasar.

Bagaimana menemukan pengembang yang jujur?

Untuk mengetahui ini, Anda bisa melihatnya dari track-record yang mereka miliki. Beberapa point yang harus Anda perhitungkan ketika memilih pengembang adalah developer haru memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi, berpengalaman dengan proyek-proyek besar dan harus memiliki margin error yang sangat rendah.

Perlu Anda ketahui juga, semakin besar peluang bisnis properti yang akan Anda buka, maka secara otomatis ini akan membuat lebih banyak developer baru yang berdatangan.

Selain itu, kawasan properti baru dan terpadu biasanya akan dilakukan perusahaan pengembang properti yang besar dan berpengalaman. Maka dari itu, daripada Anda berspekulasi dengan pengembang yang baru, mendingan Anda memilih developer yang sudah memiliki pengalaman dalam berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *